Alexander Akbar: Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Minta Diformat

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Minta Diformat

Cara memperbaiki flashdisk yang minta diformat sebetulnya cukup mudah. Mungkin Anda pernah mengalami masalah soal flashdisk tidak terbaca pada saat akan digunakan malah di komputer muncul peringatan flashdisk minta di format. Sebetulnya ada beberapa penyebab kenapa saat flashdisk di colokkan ke komputer menjadi error, tidak terbaca, atau malah minta di format. Salah satu penyebabnya adalah dari kebiasaan sebelum mencabut flashdisk tidak di eject terlebih dahulu. Bisa juga disebabkan pada saat menyalin file ke dalam flashdisk dan sebelum selesai semua file tersalin, Anda kemudian mencabutnya, sehingga flashdisk mengalami crash dan partisi di dalam flashdisk menjadi hilang.
Awalnya hal yang sama terjadi saat saya punya pekerjaan akan menginstall komputer milik salah seorang pelanggan, berniat melakukan install windows dari flashdisk tetapi waktu booting ternyata flashdisk tidak terbaca oleh system BIOS, lalu saya cabut flashdisk tersebut dan dimasukkan ke komputer lain, alhasil flashdisk malah minta di format. Sayang sekali bukan jika kapasitas flashdisk tidak terbaca tersebut cukup besar kemudian gara-gara rusak seperti itu harus dibuang atau diganti. Jika Anda mempunyai flashdisk yang kerusakannya hanya minta diformat atau tidak terbaca oleh windows biasanya masalah itu terjadi karena hilangnya partisi pada flashdisk tersebut, dan itu masih bisa diperbaiki. Kecuali jika kerusakan yang terjadi adalah pada hardware, itu memang terpaksa harus ganti dengan flashdisk yang baru.
Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Minta Diformat

Untuk flashdisk tidak terbaca yang mengalami kehilangan partisi ketika di koneksikan dengan komputer biasanya akan minta diformat, namun saat diformat ternyata windows mengalami error melakukan format tersebut. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan format khusus, simak trik lengkap berikut mengenai bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang minta di format.

  • Koneksikan Flashdisk ke Komputer
  • Selanjutnya dari Menu Start klik Run
  • Silahkan Anda ketikan "compmgmt.msc"

cara-memperbaiki-flashdisk

  • Berikutnya pada menu "Computer Management" silahkan Anda pilih "Disk Management" dan pilih "Removable Disk", akan terlihat "Unalocated" itu menandakan flashdisk tidak memiliki partisi sehingga kapasitasnya tidak terbaca oleh windows, itulah flashdisk yang minta di format. Kemudian Klik Kanan pada removable disk tersebut dan pilih "New Partition" untuk membuat partisi baru pada flashdisk.

cara-memperbaiki-flashdisk

cara-memperbaiki-flashdisk

  • Langkah berikutnya adalah melakukan pembuatan partisi baru di dalam flashdisk, ikuti perintahnya hingga proses repartition selesai.

cara-memperbaiki-flashdisk

  • Pilih "Primary partition", lalu klik Next.

cara-memperbaiki-flashdisk


  • Di tahap ini diminta untuk menentukan ukuran flashdisk, biarkan saja secara default. kemudian klik Next untuk melanjutkan.

cara-memperbaiki-flashdisk


  • Selanjutnya diminta untuk memilih drive letter, seperti f,g,h atau biarkan secara default, lalu klik Next.

cara-memperbaiki-flashdisk


  • Pada pilihan selanjutnya beri nama drive sesuai keinginan pada kotak "Volume Label", lalu klik Next.

cara-memperbaiki-flashdisk

  • Tahap terakhir klik Finish, sampai disini proses selesai.

cara-memperbaiki-flashdisk

Ketika proses pembuatan partisi baru selesai dilakukan, secara otomatis windows akan melakukan format ulang, dan flashdisk dapat digunakan kembali seperti biasa. Hanya saja semua data yang seblumnya ada akan terhapus. Bagaimana, sebetulnya cukup mudah bukan, cara memperbaiki flashdisk yang minta di format, error, atau tidak terbaca oleh system windows.

cara-memperbaiki-flashdisk

Namun sekali lagi perlu diketahui bahwa cara yang dilakukan di atas adalah untuk memperbaiki flashdisk tidak terbaca yang mengalami kerusakan pada software seperti kehilangan partisi, bukan untuk flashdisk yang mengalami kerusakan pada hardware. Untuk Flashdisk yang berkapasitas cukup besar seperti 8Gb ke atas harganya cukup lumayan mahal apalagi untuk merk yang terkenal, jadi memperbaiki flashdisk tidak terbaca dengan cara ini tentu bisa menghemat pengeluaran Anda. Semoga tips ini bisa membantu.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Alexander Akbar Urang-kurai